Tips Menjaga Tempe Agar Tidak Cepat Busuk !


Keberadaan Tempe merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang memang patut untuk disyukuri. Rasa lezat, harga murah, dan juga nutrisi tinggi bisa kita dapatkan semua hanya dalam satu makanan saja. Tidak heran jika Tempe mendapatkan julukan superfood karena keistimewaanya ini.

Tempe sudah tidak asing lagi didengar di kalangan masyarakat bahkan olahan dari kacang kedelai ini pun sudah meluas hingga ke mancanegara. Tak hanya murah dan lezat beragam manfaat bisa Anda dapatkan dari olahan Tempe seperti berikut :
  • Sebagai Sumber Protein
  • Antioksidaan dan Penangkal Radikal Bebas
  • Sumber Kalsium
  • Mengandung vitamin B12
Kebanyakan dari masyarakat Indonesia mencari Tempe sebagai bahan olahan yang mudah didapatkan serta membeli beberapa stock Tempe untuk dikemudiaan harinya, Namun tak banyak pula yang mengeluhkan karena mengolah Tempe yang sudah Bau, Tempe memang diproses melalui proses fermentasi jadi wajar saja jika didiamkan beberapa hari maka hasilnya akan terus kematangan. maka dari tiu pada halaman ini saya akan memberikan Tips agar menjaga Tempe Tidak Cepat Busuk berikut rangkumannya :

1. Pilihlah Tempe Yang Segar, Beraroma, dan Hangat

    Ini adalah hal pertama yang sangat penting, Anda pasti sudah tahu betul aroma yang diberikan pada khasnya Tempe, jangan lupakan akan hal itu. Tempe yang segar itu warnanya masih terlihat putih dengan diselimuti pula serabut putih yang berada permukaan dasar Tempe. Hangat mengapa Hangat kok bisa ya ? jawabannya ya Feremntasi Tempe yang hangat berarti tempe tersebut sedang mengalami proses fermentasi, caranya coba saja dengan mengambilnya pasti Anda akan mengetahuinya.

2.Simpan Di Dalam Lemari Pendingin atau Freezer

   Jika Anda menyimpannya di dalam lemari pendingin ini akan membuat Tempe tidak akan cepat kematangan, karena mengingat Tempe itu dproses melalu fermentasi jadi akan lebih baik jangan terlalu lama disimpan di tempat terbuka karena akan mempercepat proses fermentasi tersebut.

3.Campur Dengan Air Kelapa Saat Diolah

    Air Kelapa selain memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh yakni sebagai penganti cairan di dalam tubuh, ataupun membunuh racun yang ada di dalam tubuh. Anda bisa mencampur Tempe dengan memberikan sedikit air kelapa saat ingin diolah, bisa direbus bersama Air kelapa tersebut selain terasa gurih Air kelapa terbukti menghilangkan aroma yang tidak sedap pada Tempe.

4. Olah Tempe dengan bumbu rempah - rempah

    Bukan Hanya Daging saja yang bisa Anda campurkan  dengan bumbu rempah - rempah seperti Kunyit, Ketumbar, dan garam melainkan Tempe juga sangat cocok. Coba saja perpanduan tersebut rebus dan tiriskan Anda bisa menyimpannya untuk memenuhi stock beberapa hari kemudiaan. Sangat nikmat bukan ? Sudah pasti bau tidak sedap akan berkurang dengan aroma rempah - rempah yang diberikan.

5. Cepatlah Segera Memasak Tempe

    Hehe jangan ditanya lagi pasti Anda sudah tahu kok jawaban akhirnya, Ya untuk mengantisipasi kebusukan pada Tempe cobalah untuk cepat memasak Tempe. Anda juga bisa memasak beragam olahan masakan Tempe seperti : Tempe goreng, Tempe Oseng, Sambal Tempe, Tempe Bacem, Tempe Crispy, Tempe Orek, dll. Jadi Tunggu apalagi Cepatlah mengolahnya supaya tidak cepat busuk nantinya, kalau sudah busuk pasti selera makan Anda akan menghilangkan.

Itulah beberapa macam Tips Untuk Menjaga Tempe Agar Tidak Cepat Busuk. semoga bermanfaat ya :)

Komentar