Belajar Bisnis Usaha Online - Panduan Pemula

Panduan Menjual Online

  • Kenali Jenis Produk : Pada tahapan awal ini sangatlah penting mengapa ? Karena sebelum kita menjual produk kita harus mengetahui produk tersebut seperti apa. Seperti Nama Brand, Jenis Produk, Kategori Produk, Deskripsi Produk.
  • Menjual Produk : Tahapan kedua yang sangatlah penting kita perlukan adalahKetelitian, Kerapian, Cermati, contoh : Jangan sampai kita salah memasukan produk yang ingin kita jual (Nama Produk, Harga, Satuan, Warna, Ukuran, Tipe Kategori.) Deskripsi produk pada pengenalan barang harus dengan mengunakan gaya bahasa yang Lugas, Memberi informasi secara tepat, Harga Barang terjangkau, Kualitas barang utama karena tentu jika menjual produk yang paling utama adalah berdasarkan  kualitaas produk.  Bagaimana caranya kita bersaing agar menambah minat pembeli untuk selalu berbelanja di toko anda, Harga, Harga yang terjangkau pun memudahkan daya tarik para pembeli tetapi harus disesuaikan dengan harga pasar, Bila ada pengaturan free ongkos kirim barang akan membuat toko anda lebih dicari sebagai jaminan yang baik..

Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan Di Toko Online Anda
  1. Memulai Ide Bisnis : Mengambarkan ide bisnis ini harus anda pikirkan sebelum anda memulai berjualan di toko online, Ide harus sederhana agar memudahkan anda memulai bisnis dengan mudah jangan di tambah sulit. Ide harus segera di laksanakan karena jika tidak di mulai akan hilang daya atau kesempatan yang anda gunakan. Upload Produk sebanyak mungkin lebih baik kita fokus pada satu kategori saja dulu. Karena dengan begitu anda akan lebih mudah mengelola toko anda dan untuk pembeli tentu melihat bahwa toko anda lebih konsisten, profesional dan mudah di ketahui ketika buyer ingin kembali membeli di toko anda.
  2. Penulisan Deskripsi : Dalam memulai penjelasan deskripsi harus Jelas dan Detail Fungsi Produk harus Tepat, agar mengurangi pertanyaan untuk pembeli dan menarik minat mereka membeli di toko anda.
  3. Foto Upload Produk : Upload beberapa produk anda dengan baik. Gunakan foto produk yang jelas tidak pecah-pecah saat di zoom nantinya, Gunakan foto yang jelas jangan terlalu memberi hiasan berlebihan pada foto anda akan lebih sulit pembeli mencermati produk yang anda jual, Foto yang baik juga menggunakan warna Background apa saja harus terlihat gambar produk, di sarankan foto produk background menggunakan warna putih.
  4. Packing : Langkah akhir yang di butuhkan adalah pengemasan barang, Dalam pengemasan barang peralatan yang anda butuhkan seperti Box Kecil atau Besar, Isolasi Besar Berwarna Kuning(Untuk mengemas produk agar kuat dan rapi). Isolasi Putih (Untuk disesuaikan mengemas nama alamat yang di tuju), Gunting, Lem, Stiker, dan plastik. Plastik bisa di sesuaikan untuk berbagai jenis produk Pelapis produk menggunakan Plastik seperti (Pakaian, Kertas, Tas), Kotak/Box ( Sepatu, Kacamata Dan produk lain yang bisa berubah bentuk). Babel Wrap (Acsesoris Agar tidak mudah pecah), Karet Busa (Pelapis busa seperti produk besar Sepeda, Berbahan besi). setelah di lapis produk harus di bungkus syarat : Tidak tembus pandang, Sesuai ukuran, Tidak mudah sobek, Tidak kena air. Tali Rapia (untuk mengikat produk), Harus ada Label Pengiriman barang.
  5. Responsif, Ramah : Merupakan hal yang wajib bagi para seller mempunyai sikap yang responsif pada pembeli, Karena kita menjual produk di toko online berbeda jika kita menjual produk secara offline jika di toko online secara tidak langsung kita tidak bisa bertemu dengan pembeli. Maka dari itu kita harus benar-benar meyakinkan produk pada pembeli, Jangan lupa untuk cepat membalas pesan pembeli karena mereka pasti akan merasa bosan menunggu bila pesannya tidak cepat anda balas dan beralih ke toko lain, Jika waktu jam kerja anda di haruskan membalas pesan.
  6. Pelayanan Customer : Pelayanan yang baik dilakukan setelah penjualan sangatlah penting. terutama jika seorang seller menjual barang dengan memiliki garansi produk itu akan membuat para pembeli percaya dan aman pada produk yang anda jual. 
  7.  Sikap Customer : Menggunakan bahasa yang baik dan sopan merupakan nilai tambahan pada customer, Jika kita adalah seorang seller ada pembeli yang bertanya tentang produk yang kita jual maka lebih baik kita menjawab pertanyaan para pembeli dengan mengunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. Jangan mengunakan singkatan-singkatan kata, Agar memudahkan pembeli dalam penyampaian informasi produk anda. 
  8. Banyak Berdoa dan selalu berpikir positif :Untuk seorang pemula memang di butuhkan  kesabaran dalam menjalankan usaha anda. Jangan lupa untuk berdoa dan selalu berpikir positif  agar kita selalu semangat dalam membangun karakter masing-masing  dan berusaha membangun lagi toko online anda.
  9. Semangat Belajar : Dalam memulai usaha anda sebagai pemula tentu sangatlah sulit tetapi jangan sampai kita menyerah, Semangat sangat dibutuhkan dalam memulai usaha anda karena jika anda hanya berdiri pada satu titik aman saja dan tidak mau mereview kembali. Maka tentu hasil yang anda peroleh tidak akan meningkat, Jadi semangat untuk selalu belajar adalah hal yang utama bagi pemula ataupun pengusaha sukses.
  10. Promosikan produk : Untuk menunjukan produk anda lebih luas dan lebih banyak di ketahui sebaiknya memulai untuk mempromosikan ke berbagai jaringan sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dll. Agar banyak yang berkunjung ke toko anda dan membeli produk anda.

Jangan khawatir bagi anda para pemula untuk memulai bisnis anda di Online Karena selain tidak perlu menyewa tempat anda juga bisa mengatur waktu anda. Mudah dan cepat memulai bisnis anda di online :)
Selamat Mencoba.











 
         

Komentar