Cara Menjadi Diri Sendiri - Tips dan Trik

Bagaimana caranya menjadi diri sendiri ...???

Menjadi Diri Sendiri itu tidak sulit dan juga tidak mudah teman - teman. Begini misalnya menjadi yang terbaikpun tidak mudah jika tidak melalui dorongan dan usaha yang maksimal. dengan menjadi diri sendiri berarti anda sedang memotivasi diri sendiri belajar memotivasi diri sendiri berarti anda sedang membangun pondasi yang kokoh untuk diri sendiri.

1.Kenali Diri Sendiri :

    Banyak orang yang beranggapan bahwa mengenal lebih banyak orang akan mendapatkan peluang positif dari dalam diri kita karena bisa membuka jaringan yang luas. Namun terkadang kita lupa untuk mengetahui siapa diri kita sebenarnya maupun kelemahan kita sendiri. Kita sibuk melihat orang lain disekitar diri kita dan sibuk menilai mereka dan akhirnya kita lupa dengan diri kita sendiri akhirnya kita tidak bisa mengenali siapa diri kita sebenarnya. Mengenal diri sendiri tentu akan membuat kita kuat tidak menjadi lemah dihadapan orang lain dan dari sinilah kemampuan kita akan terasah. berikut cara yang bisa kita lakukan untuk mengenal diri sendiri melalui 3 Tahapan yaitu :
  • .Kenali diri sendiri melalui Visualisasi atau Penghlitan : Perhatikan jika anda melihat dan sering menjumpai bila kita merasakan getaran yang cocok dan nyaman pada diri kita sendiri disitulah pasti kegemaran muncul. Contoh : Ketika kita sedang melihat seseorang bernyanyi memainkan alat musik kita merasakan ikut lantunan musik tersebut bahkan sesekali kita ikut bernyanyi dan terhanyut oleh suasananya. Sesungguhnya kondisi ini menunjukan bahwa kita senang melakukanya.
  • Kenali diri sendiri melalui perasaan : Merupakan hal yang paling bisa kita sesuaikan dalam kondisi apapun dan bisa kita terima jauh kedalam hati kita sendiri. Perasaan inilah yang dapat kita gambarkan pada diri kita apakah kita bisa memiliki persaan yang halus, sensitif, halus, atau malah sebaliknya.
  • Kenali diri sendiri melalui pikiran : Pikiran merupakan suatu kekuatan yang paling kuat. Untuk alasan inilah para motivator mengatakan bahwa kunci kesuksesan adalah pikiran seseorang. Untuk mendeteksinya adalah dengan membentuk suatu pola pikir kita (Mindset) memerlukan proses dan tahapan serta pengorbanan. Cara melatih pikiran anda adalah dengan cara melatihnya secara terus menerus jangan membiarkan menjadi tumpul kembali. dan mengisinya dengan sumber sumber informasi yang bermanfaat yakinlah pasti anda menang.
2. Tentukaan Tujuan  :
    
     Hidup adalah suatu pilihan ya memang seperti itu yang sedang kita alami di kehidupan kita saat ini. Banyak sekali pilihan hidup yang bisa mebuat anda menjadi tidak yakin untuk memilihnya karena berakibat pada resiko sendiri, Kadang memilih sesuatu menjadi sulit sekali untuk diputuskan memilih itu memang tidak mudah banyak pilihan yang terjadi justru bukan menemukan suartu alternatif pilihannya namun bagaimana mental kita yang bereaksi terhadap pilihan - pilihan tersebut. Intinnya, apapun pilihannya, selama mental kita kuat dan positif maka tidak akan menjadi masalah. Justru sebagus apapun alternatif pilihan yang kita ambil tetapi jika kita sendiri tidak bisa menguasainya tidak bisa menerimannya dengan mental buruk dan negatif. Berikut adalah cara menentukan suatu tujuan :
  • Melakukan Anlisis : Mencari tahu apakah sebuah pilihan tersebut mengandung suatu Keunggulan, ancaman, peluang dan kelemahan. itu adalah cara yang paling mudah sebelum anda mengambil suatu keputusannya.
  • Berdiskusi dengan orangtua : Dengan mengambil keputusan mendengarkan orang - orang disekitar kita seperti Orangtua, Saudara, Teman - teman. Akan membukakan jalan terang nilai positif atau negatif sehingga bisa membuka jalan yang baik untuk kita. dengan catatan ambilah saran yang menurut anda positif sesuai dan yang paling kuat untuk kita pribadi.
  • Berdoa : Jangan lupa untuk berdoa orangtua kita selalu menyematkan kata - kata ini dengan penuh tegas saat kita ingin melakukan sesuatu hal. Karena dengan berdoa saya yakin jalan yang anda mulai akan bersamaan dengan memulainya suatu pilihan yang paling hakiki.
  • Membuat Komitmen Pada Diri sendiri : Jika kita sudah memulai seperti cara yang sebelumnya ini saatnya kita untuk membuat suatu perjanjian pada diri sendiri Jika kita sudah mengambil pilihan tersebut maka kita sudah tahu apakah resikonya seperti apa layak atau tidak. Menyesal hanyalah membuat waktu kita Seolah menjadi tidak produktif.
  • Belajar memperjuangkannya : Berjuang demi mendapatkan sesuatu pasti membutuhkan suatu nilai yang baik maupun tidak. Tetapi dari kebanyakan mereka orang sukses saya juga sering membaca catatan nilai kehidupan mereka bahwa "Mengundurkan diri dari suatu pilihan merupakan contoh yang buruk " Hidup mereka sering sekali diliputi oleh suatu pilihan yang sangat sukar diliputi dengan pilihan yang sulit. Tetapi mereka mengambil prinsip jika mereka sudah mengambil jalan hidup yang sudah mereka ambil lebih baik lanjutkan saja perjuangannya hingga selesai "
3. Berpikir Positif


        Banyak orang yang begitu menginginan berpikir secara positif menjadi bagian dari kehidupan mereka yang lebih baik, Karena banyak yang bisa kita rasakan jika kita berpikir secar positif yaitu meningkatnya kesehatan fisik dan mental seseorang selain itu rasa optimisme yang tinggi akan muncul dan akan mengalirkan energi yang baik pada orang - orang disekitar kita. Menjadikannya lebih baik ketika seseorang sedang mengahadpi masalah yang diliputi emosi akan membuat makna yang lebih baik dan membuat pikiran anda lebih jernih kembali. 
         Berikut cara - cara yang bisa anda pelajari untuk memulai hidup secara positif karena menjadi diri sendiri harus juga didasarkan dengan cara berpikir secara  positif : Kenali dan ganti pikiran negatif, Bertanggung jawab atas tindakan kita, Pertimbangkan Konsekuensinya, Memulai kebaikan pada diri sendiri, peduli pada orang lain, Menghabiskan waktu dengan orang - orang yang positif, serta  Banyak membaca buku.

4. Belajar Melakukan Hal Baru

    Perasaan Takut adalah masalah terbesar yang dialami oleh setiap manusia Takut salah, Takut gagal, Takut Dikritik, dan berbagai macam hal lainnya. Akibatnya kita tidak pernah tahu dan tidak berani melangkah ke suatu pelajaran yang baru dalam hidup. Mencoba sesuatu yang baru adalah hal yang paling penting pada diri seseorang bagaimana jika tidak selamanya ia tidak akan pernah mengetahui dunia dan hal - hal yang baru yang akan ia dapatkan. Berikut adalah Tips - tips yang bisa anda mulai dengan mencoba sesuatu yang baru : Menambah Pengalaman baru, Memicu kreativitas dan Ide - ide segar, Eksplorasi diri sendiri, Mengatasi kebosanan, Dan kepuasan Diri.

5. Tetap Teguh

    Dalam pandangan penulis Komitmen itu harus dimulai dari diri sendiri dan bukan tergantung  tentang orang lain. Jadi dengan kata lain seseorang wajib mengatakan dirinya sendiri layak untuk memenuhi suatu keyakinan hati yang Teguh bukan dengan alasan yang main - main saja. "Coba kembangkan segalanya dengan Belajar menepati janji karena dengan menepati janji berarti anda mengahargai suatu proses pembelajaran hidup belajar menghargai keputusan itu sendiri. Ketika kita sudah menyatakan janji pada orang lain maka tepatilah". meski terkadang ada saja hal yang bisa membuat anda tidak bisa menepatinya. Belajar Menghargai orang adalah tentu bukan perkara yang mudah diperlukan kerendahan hati untuk melakukanya menjadi pribadi yang memegang komitmen butuh waktu tetapi jika kita mulai hal itu dari sekarang maka percaya hasilnya akan sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Artikel ini memang cocok untuk anda yang saat ini sedang mencari tahu atau ingin menemukan jati diri kita yang sebenarnya. Jadi jangan pernah Ragu atau Malu pada dirimu sendiri. Bangga pada Kelebihan kita dan hargai kekurangn diri sendiri, Ya semoga anda bisa menjadi seperti apa yang seperti diharapkan selama ini.


^.^ keep smile Jangan Lupa.

Komentar