Cara Mengatasi Plak atau Karang Pada Gigi - Berikut Ulasannya

Apakah anda Tahu Tentang  apa itu Karang Gigi ??

Karang gigi merupakan plak pada gigi yang tumbuh sedikit demi sedikit dan mengeras plak sendiri akan bertumbuh ketika Bakteri dalam mulut bertemu dengan protein dan sisa - sisa makanan. Jika hal ini dibiarkan maka akan terjadi iritasi dan peradangan. Karang Gigi ternyata memiliki masalah serius pada mulut dan tubuh serta keseluruhannya terutama jika tumbuh pada bawah gusi sebab ini merupakan tempat bagi bakteri untuk bersarang kemudiaan menyusut kedalam gusi dan sehingga membuatnya rusak tertentu akan  mengalami iritasi.

Karang gigi sendiri atau yang disebut "Kalkulus Gigi" terbuat dari zat kapur berda pada air liur. Plak sendiri terdiri dari lapisan bening di gigi (Perikel) dan kuman. Di dalam mulut kita terdapat lebih dari 350 jenis kuman yang dapat menyebabkan karies. Jika di gigi atau sela -sela gigi terdapat banyak makanan yang tidak dibersihkan maka kuman akan mencerna makanan tersebut, lama - kelamaan akan menjadi sebuah "Karang Gigi".

Cara-Cara Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Menghilangkan Karang Gigi :

1. Anda bisa melakukannya dengan cara berkonsultasi dengan ahli Dokter gigi yang bisa membantu anda dalam membantu permasalahan pada gigi. Tidak perlu merasa takut karena dengan kita berkonsultasi pada dokter maka kita akan mengetahui penyebab yang terjadi pada "Karang Gigi" Tersebut. Berikut penanganan yang dilakukan  secara Sistem Medis :

  •  Scalling : Scalling merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk membersihkan karang gigi menggunakan alat- alat yang disebut scaler, Scaller adalah alat yang berbentuk seperti cangkul kecil, Untuk membersihkan Sub atau supra ginggiva kalkulus. curret scaller : alat yang berbentuk seperti sendok untuk mengambil supra ginggiva kalkulus.

Ketahuilah bahwa karang gigi juga melekat erat dengan dengan gigi dan hanya bisa dibersihkan dengan scaller atau sebuah alat yang dipunyai oleh dokter gigi.

Warna karang gigi mula - mula Kuning, lama kelamaan cokelat atau Kehitaman. Karang gigi dapat menyebabkan gigi goyang dan mudah tanggal karena penurunan gusi, gusi bengkak, gusi berdarah terutama saat menyikat gigi, gigi berlubang dan bau mulut.

2.Dengan Menggunakan Bahan alami

Cara ini memang terbilang cukup sederhana Namun memang terbukti cukup ampuh jika anda mampu melakukannya secara rutin Berikut mari kita ulas bersama :

  • Mengosok Gigi : Langkah awal yang harus anda lakukan adalah Menggosok gigi karena dengan menggosok gigi, Seperti yang kita ketahui salah satu penyebab munculnya noda hitam pada gigi dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan pada gigi.Dengan kebersihan gigi yang selalu terjaga maka sedikit demi sedikit masalah pada noda hitam pada gigi akan menghilang untuk itu kita wajib rajin menggosok gigi minimal setiap 2x sehari.
  • Baking Soda Dan Lemon : Cara yang dianggap paling efektif dalam mengatasi plak gigi atau noda hitam pada gigi adalah dengan menggunakan ramuan Baking Soda dan Lemon  bahkan, dengan ramuan tersebut masalah pada plak gigi anda akan rontok selama kurang lebih 5 menit. Cara membuat Ramuan tersebut yaitu : campurkan keduannya hingga merata hingga berbentuk pasta kemudiaan anda gunakan sebagai pasta gigi anda, sikat gigi anda dengan Baking Soda Dan Lemon. kemudiaan bersihkan dengan cara berkumur, maka plak dan noda hitam pada gigi akan menghilang. Anda dapat menggunakan cara ini seminggu sekali untuk selalu menjaga kebersihan gigi anda.
  • Kulit Jeruk : Cara alami berikutnya untuk mengatasi noda hitam pada gigi adalah dengan cara mengunakan kulit jeruk. Bagi sebagian orang kulit jeruk dianggap sebagai sampah dan tidak memiliki manfaat. Namun jangan salah, kulit jeruk juga bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan noda hitam pada gigi. Untuk cara penggunaanya sangat mudah hanya perlu menggosokan kulit jeruk bagian dalam pada gigi, Lakukan secara teratur setiap hari agar hasil yang anda peroleh akan lebih baik.
  • Kulit Pisang : Selain kulit jeruk Anda juga bisa menggunakan kulit pisang sebagai alternatif lainnya untuk mengatasi masalah pada Karang gigi dan Noda Hitam anda, Cara Penggunannya sangat mudah yaitu anda hanya perlu menggosokan Kulit Pisang pada bagian dalam gigi yang terdapat Noda Hitam dan Karang Gigi tersebut.
  • Arang kayu : Percaya tidak percaya cara ini memang terkenal sangat ampuh untuk mebersihkan karang gigi. cara ini  terkenal sejak jaman nenek moyang kita dahulu. Mungkin bagi sebagiaan orang merupakan hal yang sangat menjijikan namun jangan salah, Arang kayu sangat efektif untuk menghilangkan Noda Hitam pada gigi atau Plat gigi. Untuk penggunaanya anda harus berhati - hati dan dan jangan berlebihan dikarenakan untuk pengunaan secara berlebihan dapat merusak email pada gigi anda ya, jadi untuk penggunanya baiknya secukupnya saja.
  • Strowberrry : Buah yang satu ini selain terkenal dengan berbagai khasiatnya dan juga Vitamin C serta berguna untuk mengobati masalah perdangan, Kaker dan penyakit jantung. Buah ini memiliki asam malat yang dapat membersihkan serta membuat gigi menjadi bersih. Dengan rajin mengunyah Buah Strawberrry ini maka gigi kita akan menjadi bersih dan terhindar dari segala noda hitam dan plat gigi.
  • Mengkomsusmsi Buah -Buahan : Sebenarnya tidak hanya buah strawbwerry saja, Kita juga dapat mengkomsusmsi jenis buah lainnya seperti jeruk, apel, pepaya, mentimun, bengkoang, semangka dan lainnya. Buah - buahan yang mengandung kadar jumlah air banyak akan membuat mulut dan gigi kita semakin bersih.
  • Minum Air Putih : Minum Air itu sangatlah penting setelah makan kita harus meminum air, hal ini dikarenakan air putih akan membantu membersihkan gigi dari sisa - sisa makanan yang menempel, sehingga kebersihan gigi dapat terjaga dan masalah Noda Hitam atau Plat Gigi dapat kita cegah.
  • Siwak : Ini adalah cara yang terakhir Siwak sendiri merupakan alat tradisional yang digunakan orang jaman dulu untuk membersihkan giginya. Kita juga bisa menggunakan Siwak untuk mengatasi masalah yang terjadi pada noda hitam dan plat gigi. Siwak akan membuat gigi semakin putih dan bersih.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk anda yang pada saat ini sedang mencari solusi  menghilangkan Karang pada Gigi anda. Rajinlah untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan pada gigi kita Terimakasih.

Komentar