Hal - Hal Yang Perlu Anda Ketahui Saat Hamil - Tips Bunda



Sakit Di Tulang Rusuk Berbahaya Untuk Janin

    Sakit pada daerah tulang rusuk merupakan hal yang wajar bagi wanita hamil karena desakan dari rahim akan mendesak daerah tulang rusuk. Desakan tersebut akan membuat sang ibu terasa nyeri dan dirasakan cukup tidak nyaman meskipun tulang rusuk ibu terasa sakit tetapi masih aman untuk janin. Nyeri ini terjadi karena posisi janin yang berubah dan kaki bayi yang menendang - nendang.
Untuk mengurangi nyeri pada tulang rusuk :
-Gunakan Pakain yang Longgar
-Ganjal Tubuh Saat Tidur
Jika Kepala bayi sudah masuk ke dalam tulang panggul nyeri pada rusuk akan berkurang.

Mengapa Bayi Selalu Menendang Di Dalam Perut :

     Bayi yang menendang di dalam perut merupakan suatu bentuk komunikasi ibu dan janin. Cobalah untuk mengajak bayi dalam kandungan untuk berbicara untuk menjalin ikatan antara Ibu dan Bayi selain Ibu, Ayah juga dapat membantu berkomunikasi dengan bayi di dalam kandungan. Gerakan janin juga bisa menjadi tanda bahaya untuk janin yang biasanya aktif bergerak tiba - tiba saja menjadi pendiam, gerakan janin juga biasanya meningkat saat ibu terlalu banyak makan - makanan manis.
Berikut Adalah Keluhan Yang Sering Dirasakan Oleh Ibu Hamil :
1. Nyeri Tulang Rusuk
 2. Nyeri atau Kebas pada pergelangan tangan : ini dirasakan oleh ibu hamil karena adanya perubahan hormonal yang membuat jaringan ikat di sekitar tangan membengkak, dan akan menghilang dengan sendirinya saat melahirkan nanti. (Jika rasa sakit ini terus berlanjut dan sangat mengangu segera konsultasikan pada dokter).
3. Ibu Hamil akan merasa nyeri pada daerah Belakang Pinggang : Daerah Tulang belakang merupakan Tumpuan Ibu Hamil jika berdiri pada posisi yang salah maka beban akan terasa sakit di daerah pinggang belakang. Penggunaan hak tinggi bisa memberi tekanan yang lebih pada daerah Tulang Belakang, dari awal masa kehamilan hingga masa Trimaster terakhir biasanya dada terasa terbakar sehingga terasa mual,  perubahan Hormonal membuat Elastisitas pada katup lambung lebih lunak sehingga asam lambung mudah naik. Untuk Cara Mengatasi Rasa Terbakar di dada yaitu : Dengan makan porsi kecil dan lebih sering Jangan menunda lapar.
4. Banyaknya Keputihan : Keputihan yang terjadi pada saat Ibu Hamil ini terjadi karena proses perubahan Hormonal Tanda Keputihan yang Normal adalah : Tidak gatal, Tidak berwarna ataupun Berbau. Jika kurang menjaga Kebersihan pada Vagina maka akan timbul jamur dan Rasa Gatal hindari Jamur tersebut dengan sering menganti pakaian dalam dan membuat vagina tetap kering. Tidak disarankan memakai pembalut yang tipis, karena membuat vagina akan semakin lembab.

Nah Beikut adalah beberapa Hal - hal yang perlu bunda ketahui saat sedang hamil ya, Semoga Artikel ini bermanfaat untuk para Bunda.

















Komentar