Sakit Tenggorokan Jangan Disepelekan - Yuk Cari Tahu Cara Menggobati dan Mencegahnya ^^



Sakit Tenggorokan  adalah rasa sakit, kering, atau gatal di tengorokan. Sebagian besar Sakit Tenggorokan disebabkan oleh infeksi, atau faktor lingkungan seperti udara kering. Meskipun Sakit Tenggorokan membuat anda tidak nyaman dan selain itu juga membuat aktivitas anda jadi terganggu. Namun biasanya sakit Tenggorokan itu akan hilang dengan sendirinya.

Sakit Tenggorokan dibagi menjadi beberapa jenis, bedasarkan bagian tenggorokan yang dideritanya :
Faringitis : mempengaruhi area tepat di belakang mulut
Tonsilitas : Pembengakakan dan kemerahan pada kotak suara atau laring.

Sakit Tenggorokan memang menyakitkan apalagi anda sampai tidak bisa menelan makanan sekalipun dan gejalanya bisa ditimbulkan seperti berikut : Hidung tersumbat, hidung berair, bersin, batuk, demam, panas dingin, kelenjar bengkak di leher, suara serak, pegal - pegal, sakit kepala, kesulitan menelan, kehilangan nafsu makan.

 8 Penyebab rasa Sakit Tenggorokan dari infeksi hingga luka. Berikut adalah delapan penyebab Sakit Tenggorokan yang paling umum dirasakan :

1. Pilek, Flu dan infeksi
Sakit Tenggorokan bisa juga disebabakan karena Pilek, Flu dan virus lainnya ditularkan melalui air liur.
2. Infeksi Bakteri lainnya
Infeksi bakteri juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Yang paling umum adalah radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri Streptococcus.

3. Alergi
Ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap pemicu seperti serbuk sari, rumput, dan bulu hewan. Gejala seperti itu bisa menyebabkan gejala hidung tersumbat, mata berair, bersin, dan iritasi tenggorokan.

4. Udara Kering
Udara Kering dapat menyedot kelembapan dari mulut dan tenggorokan, dan membuat tenggorokan terasa kering dan gatal. Udara tersebut kering di musim dingin saat pemanas ruangan sedang berjalan.

5. Asap, Bahan kimia, dan zat iritasi lainnya
Banyak Zat Kimia dan zat lain yang berbeda di lingkungan yang mengiritasi tenggorokan. Termasuk Asap,  Asap Tembakau, Polusi Udara.

6. Cedera
Setiap Cedera atau seperti luka di leher, bisa menyebabkan rasa sakit pada tenggorokan, anda juga bisa terkena sakit tenggorokan saat berteriak, berbicara keras atau bernyanyi untuk jangka waktu yang lama.

7. Gastroesophagael reflux disease (GERD)
Gastroesophagael reflux disease (GERD) adalah suatu kondisi dimana asam dari perut punggung ke kerongkongan.

8. Tumor
Tumor Tenggorokan, kotak suara, atau lidah adalah penyebab sakit tenggorokan umum di derita pada umumnya, periksalah ke dokter jika pengobatan alami ataupun obat - obatan pereda tidak mampu meredakan sakit tenggorokan segera konsultasi pada dokter.

*Berikut cara alami dan ampuh untuk Mengobati Sakit Radang Tenggorokan :
1. Berkumur dengan air garam. Kumur - kumur dengan air hangat yang dilarutkan dengan garam dapat membantu membunuh bakteri penyebab radang.
2 .Minum air campuran lemon madu
3. Minum Susu kunyit
4. Perbanyak konsumsi Air Putih
5. Konsumsi Bawang Putih mentah

*Makanan dan Minuman Apa saja yang harus dihindari :
Anda harus  menghindari makanan yang mungkin mengiritasi tenggorokan anda lebih banyak dan susah ditelan. Makanan - makan ini termasuk  :
-Kerupuk
-Roti kering
-Pedas
-Soda
-Kopi
-Alkohol
-Makanan kudapan kering seperti keripik kentang, atau popcorn

*Makanan yang baik untuk dikomsumsi :
-Sayuran mentah dan segar
-Buah - buahan asam seperti : jeruk, lemon, jeruk nipis, dan tomat
Pada beberapa orang, susu dapat menebalkan atau meningkatkan produksi lendir. Ini mungkin mendorong anda unutk membersihkan tenggorokan anda lebihi sering, yang dapat memperparah sakit tenggorokan.


Komentar